Jumat, 29 April 2011

Kereta Api Turangga

Nama Turangga diambil dari nama lain kuda tunggangan para raja/bangsawan di Jawa yang melambangkan kendaraan yang bisa melaju dengan kencang dalam berbagai cuaca.

Kereta api Turangga yang melayani koridor Bandung - Surabaya mulai dioperasikan pada tanggal 2 September 1995. Perjalanan sejauh 699 km ditempuh dalam waktu kurang lebih 12 jam dan hanya berhenti di stasiun Tasikmalaya,stasiun Karanganyar. Kutoarjo, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun dan Kertosono.

Pada awal pengoperasiannya, kereta ini diluncurkan dengan kelas bisnis dan eksekutif. Namun, sejak 11 Oktober 1999 semua rangkaiannya diubah menjadi kelas eksekutif. a Kereta api dengan desain layanan kelas eksekutif satwa ini menawarkan alternatif perjalanan pada malam hari. KA Turangga berangkat dari Stasiun Bandung (BD) pkl. 19.00 WIB dan tiba di Stasiun Surabaya Gubeng (SGB) pkl. 07.40 WIB. Rangkaian KA Turangga terdiri dari 6-8 gerbong kelas eksekutif (seperti) pesawat (K1), 1 kereta makan (KM), 1 kereta pembangkit (MP), dan 1 kereta bagasi (B).
Sejak tanggal 19 Januari 2009, rangkaian KA Turangga diperbaharui dengan rangkaian kereta (seperti) pesawat yang memiliki interior hijau.

source: http://id.wikipedia.org/wiki/Kereta_api_Turangga

Tidak ada komentar: