Kamis, 26 Agustus 2010

Catatanku di MB Bahana Putra Soedirman

Lambang MB BPS Unsoed
5 tahun silam, di tahun 2005 tepatnya aku bergabung dengan salah satu unit marching band yang ada di kotaku, ya Marching Band Bahana Putra Soedirman (MB BPS), unit marching band kebanggaan kota Purwokerto dan merupakan satu-satunya unit marching band di wilayah Banyumas yang mampu menjadi juara 2 nasional Darunnajah Marching Band Competition (DMC) di tahun 2008.

Pertama kali masuk, sebagai bagian dari Rotasi XXVIII, aku masuk ke Percussion Line sebagai player Snare Drum dan kadang beralih ke cymbal. Satu tahun di Snare Drum, di tahun kedua akhirnya aku pindah ke Bass Drum 2 menjelang pagelaran Music Night 2006 di Universitas Jenderal Soedirman. Disinilah aku mulai menemukan soul of music yang lama hilang dari diriku. Dua tahun aku jalani di Percussion Line, di tahun ketiga akhirnya aku mencoba masuk ke barisan melodis, Pits Instrument. Disini tak kutemukan kenyamanan sampai akhirnya aku memutuskan kembali Bass Drum namun kali ini bukan di BD2 tapi BD5, karena mungkin posturku yang paling tinggi diantara 4 player Bass Drum yang lain. Dan sampai aku off dari dunia marching band aku tetaplah seorang player Bass Drum.

Bahkan di tahun 2008 aku dipercaya menangani Yasmin Marching Kids, sebagai pelatih percussion. Dan di pertengahan tahun 2008 aku menarik 3 orang pelatih MB BPS untuk bergabung bersamaku menangani Yasmin Marching Kids hingga tahun 2010.(Baca: Yamakids 1 dan Yamakids 2).

Di masa terakhir aku di MB BPS, pengurus mempercayakan Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) kepadaku dalam rangka persiapan menuju Grand Prix Marching Band (GPMB) ke- 25 di Istora Senayan Jakarta. Walaupun hanya sampai semifinal namun itu adalah prestasi tersendiri karena itu untuk pertama kalinya MB BPS mengikuti kejuaraan marching band tertinggi yang ada di Indonesia.

Dan sekarang dengan semakin dekatnya kelulusanku dari Universitas Jenderal Soedirman, aku memilih untuk non aktif dari dunia marching band dan fokus mengejar wisuda. Mengingat sudah waktunya aku harus lulus dari kampusku tercinta.

Tidak ada komentar: