Senin, 09 Agustus 2010

Batur Agung Rafting Part 2


Setelah mencoba short tracknya yang boleh dibilang cuma buat "gatel", 7 Agustus 2010 sekitar pukul 11.00 kita kembali lagi mencoba rafting di Batur Agung untuk kedua kalinya. Kali ini lebih banyak yang ikut. Sebanyak 7 kendaraan roda 4 ikut konvoy hingga ke Batur Agung. Anak-anak pun dibawa serta kesana. Kali ini kita ingin mencoba track jarak jauh yang ada di Batur Agung, yang umumnya bisa ditempuh dalam waktu 2 jam.


Batur Agung memiliki banyak "drop" atau terjunan yang sangat menantang, juga batu-batu besar yang siap mengganggu perjalanan. Drop paling tinggi terdapat di tengah perjalanan dengan tinggi mencapai 3 meter. Bagi para pemula yang belum terlatih disarankan untuk turun dan berjalan melalui tepi sungai ke bawah "drop" dan menunggu rescue membawa perahu menuruni "drop".

Pada kesempatan kali ini kita dibagi 2 tim. Pukul 13.30 tim pertama sebanyak 8 orang turun lebih dahulu, sementara tim kedua menunggu hingga tim pertama selesai. Tim pertama berangkat dengan menggunakan 2 perahu boat. Karena debit air yang sedang kecil, tim pertama membutuhkan waktu sampai 3 jam. Disamping debit air yang kecil, bobot para penumpang yang boleh dibilang "overweight" juga ikut memperlambat laju perahu. Dan tampak beberapa kali menyangkut di bebatuan dan memaksa para rescue untuk menariknya kembali ke track.


Menjelang sore hari, hujan turun di Batur Agung. Dan tentu saja ini berita baik untuk tim kedua, karena dapat dipastikan debit air akan naik. Sekitar pukul 16.30 saat hujan sudah reda, tim kedua turun ke sungai. Dan benar saja dengan debit air yang naik kecepatan perahu pun bisa mencapai 2 kali lipat dari tim sebelumnya, apalagi para penumpangnya relatif lebih kecil dibanding tim pertama.

Jeram dan drop yang sangat menantang mampu dilalui dengan penuh dag dig dug duer sepanjang perjalanan. Sempat membentur dan menyangkut bebatuan beberapa kali bahkan sampai perahu penuh terisi oleh air. Saat tiba di "drop" 3 meter para rescue mempersilahkan kita untuk memilih untuk tetapdi perahu atau turun terlebih dahulu dan berjalan ke bawah "drop" lewat tepi sungai. Setelah dilihat akhirnya kita memutuskan untuk berjalan lewat tepi sungai dan menunggu di bawah "drop".

Tepat saat adzan maghrib berkumandang, kita berhasil menyelesaikan track yang berakhir di jembatan Cibun, wilayah Baseh, Kedung Banteng, Banyumas. Diatas jembatan tampak mobil penjemput sudah tiba. Sambil menunggu perahu kedua sampai di finish kita menikmati dinginnya air sungai Logawa dengan berendam dan mencuci muka. Setelah perahu kedua sampai di finish kita pun kembali ke base camp di Batur Agung.

Sekitar pukul 19.00 rombongan kembali ke Purwokerto dengan hati puas, walaupun badan jadi pegal-pegal gara-gara menabrak bebatuan yang ada di sepanjang track rafting. Sampai di Purwokerto, diteruskan dengan acara makan malam bersama dan kemudian pulang kerumah masing-masing.

2 komentar:

nonk mengatakan...

keren BGT..!!!
jadi pengend kesono....

rizal khafidin prinz poldi mengatakan...

aku juga rencana, minggu depan mau ke batur agung,,,,,,,,,,, emang tempat'y di mana sih??????? and seru ga????